\ Istilah Google AdSense - Bisnis Online Bitcoin

halving

Istilah Google AdSense

Posting Komentar

Instilah Di Dalam Google AdSense


google adsense


Istilah Google AdSense yang perlu anda ketahui, dengan adanya istilah-istilah ini anda akan dapat memahami bagaimana cara kerja Google AdSense tersebut.
Langsung saja di baca di bawah ini tentang istilah dalam Google AdSense

Publisher

Publisher atau yang menerbitkan iklan adalah seseorang yang mempunyai situs web atau blog yang sudah di setujui atau terdaftar sebagai member di tempat periklanan untuk memasang iklan yang di tempatkan di web atau blog. Setiap publisher Google AdSense hanya di perbolehkan memiliki satu akun Google AdSense.
namun di perbolehkan memasang  iklan Google AdSense di semua situs mereka yang memenuhi persaratan program Google AdSense.

Ad Unit
Ad unit adalah iklan adsense itu sendiri. Ad unit terdiri dari beberapa jenis dan ukuran iklan, iklan bergambar dan iklan teks. Tapi pada umumnya yang sering di gunakan iklan teks, pada saat pengunjung mengeklik tersebut maka jika sah pemasang iklan akan mendapat pemasukan sesuai nilai CPC.

Link Unit
Link unit ini hampir sama dengan ad unit yang membedakannya adalah formatnya mirip dengan format menu seperti gambar di bawah ini.

adsense link text

Yang membedakan Link Unit dan Ad Unit adalah pada saat pengunjung klik iklan ini, maka ia akan di arahkan ke halaman pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapakan pemasukan apabila pengunjung klik salah satu link unit yang ada di halaman tersebut.

AdSense For Content

AdSense for content adalah iklan adsense yang di pasang pada suatu halaman dengan iklan-iklan yang muncul burhubungan dengan isi halaman tersebut. Istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Unit dan Link unit termasuk dalam kontent ini.

Alternate Ads
Alternate ads adalah di saat iklan tidak muncul atau sebab antara lain karena stok iklan habis atau bisa berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak bisa memperkirakan apa isi situs sebenarnya, jika ini terjadi maka seara default, yang di tampilkan adalah layanan iklan masyarakat atau sering di kenal dengan istilah PSA ( public Sevice Ads ), karena bertipe donasi, maka jika di klik, iklan ini tidak menghasilkan bagi publisher. Untuk mengatasi hal ini, Google memperbolehkan untuk memasang alternate ads atau iklan alternative
 
Channels
Channels adalah semacam label atau menu yang dapat di berikan kepada ad unit, link unit, adsense for search, dan refferals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label dan sebaliknya. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan di kelompokkan berdasarkan channels, sehingga pengguna channels akan sangat memudahkan para publisher untuk menganalisa performa adsense.

Page Impressions
Page impressions adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman di tayangkan atau beberapa kali pengunjung yang melihat ad unit

Clicks
Clicks ada jumlah klik ad unit pada publisher

CTR ( Clickthrough Rate )
CTR adalah perbandingan antara persen dan jumlah klik yang di terima suatu ad unit dengan jumlah tampilan ad unit tersebut.
Misal, satu Ad Units yang di tampilkan 40 kali dan di klik 10 kali maka memiliki nilai CTR 25% (10:40).

CPC ( Cost Per Clicks )
CPC adalah jumlah pendapatan yang akan di dapat oleh publisher apabila ad unit tertentu di klik.
Nilai CPC masing-masing ad unit berbeda di tentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualits web atau blog publisher. Namun secara umum nilai maksimal adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang di tawarkan oleh advertizer atau pemasang iklan.

eCPM ( Effective CPM )
eCPM atau CPM (cost per millions) adalah hasil pembagian antara pendapatan jumlah publisher dengan jumlah impressi halaman per 1000 tayang yang ia dapatkan dari iklan-iklannya.
Contoh : publisher menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi atau tayang akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 ( USD 200 di bagi 50 )

Semua istilah yang ada di Google AdSense hampir sama dengan istilah-istilah yang ada di bisnis online seputar PPC (paid per clicks)

Cukupa sekian dulu tentang istilah Google AdSense semoga bermanfaat.
Dan bagi yang belum mengenal Google AdSense bisa baca tentang apa itu adsense serta sejarahnya

Jangan lupa selalu kunjungi Bisnis online vs Bitcoin, karena akan selalu uptodate yang membahas seputar bisnis online Vs bitcoin

Related Posts

Posting Komentar